5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh DirtBikers Pemula

Hancur dan terbakar, kadang cuma hancur kadang juga bisa terbakar. Hal seperti itu sudah terbiasa dialami riders pemula yang baru belajar mengendarai motor cross.

Mengendarai motor cross itu sebenernya butuh berbulan bulan untuk mengetahui dan bertahun tahun untuk menguasai, memang sih gak semua seperti itu, kadang cuma beberapa bulan sudah faham betul dan mahir tinggal ningkatin jam terbang saja, bahkan kadang cuma beberapa minggu sudah bisaa mengendari motor crossnya. Karena kemampuan setiap manusia kan berbeda beda …

Jatuh dari motor, nabrak, kehilangan control itu sudah biasa di alami para pemula. yang perlu di ingat hal seperti itu sudah termasuk dari permainan motor cross. bukan hanya pemula, yang pro juga memahami itu, yang pro bukan berarti tidak perna jatuh dari motornya malah sering jatuh dan bahkan mencoba sesuatu yang lebih berbahaya seperti freestyle di udara melakukan putara 360 drajat dan lain sebagainya.

Ingatlah saat pertama kali kamu mulai mengendarai sebuah sepeda motor, sepeda motor cross itu lebih berat lebih, lebih cepat dan lebih sulit untuk di kendarai dari pada motor motor lainnya, seperti motor bebek atau matic.

tanpa basa basi yang panjang lagi berikut saya jabarkan 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam belajar mengendarai motor cross.

1. Kontrol Kopling

kadang sebagai pemula kita lupa untuk selalu menarik kopling saat masukin gigi transmisi atau tidak melepas secara spontan tuas kopling, apa lagi jika putaran mesin tinggi, bisa bisa seperti orang yang ada di video ini. dia lupa / mungkin masih belum bisa untuk mengontrol koplingnya.

sebagian besar kesalahan pemula dalam belajar motor cross itu ada di kopling, kadang saat merasa gugup, bisa membuat lupa kalo motor yang di tunggangi pakai kopling manual, akhirnya setelah mesin hidup dan di gas besar layaknya motor biasa kemudian langsung di injak transmisinya, sebagian besar memang langsung mati motornya tapi jika pada saat putaran mesin motor tingga bisa bisa motornya melompat seperti contoh video diatas.

2. Balance / Keseimbangan

karna motor trail ini identic dengan penggunaan di jalur lumpur dan berbatu, maka keseimbangan dalam mengendarai kuda besi ini sangat perlu juga untuk terus melatih keseimbangan agar tidak mudah terjatuh saat melewati medan berlumpur dan licin serta berbatu.
seperti yang saya bilang di atas, kalo belajar motor cross tidak semua orang langsung bisa,yang pro pun dulu juga sering terjatuh sebeluh akhhirnya bisa memakai trik trik freestyle. semua butuh jam terbang (pengalaman).

3. Posisi Tubuh

saat sudah mulai terbiasa dengan keseimbangan kadang pemula itu lupa kalo posisi tubuh dalam mengendarai kuda besi ini berpengaruh juga untuk keselamatan agar tidak terjatuh terutama saat melakukan belokan.
karna salah posisi saja missal kaki di turunkan sampai hampir menyentuh Tanah sehingga tanpa sengaja kaki tersangkut di Tanah yang agak keras,alhassil bisa bisa patah itu kaki, atau posisi badan terlalu kedepan saat melalui turunan yang berbatu. dan lain lain.

4. Penglihatan

kacamata google kadang sering dilupakan oleh para pemula karna pikiran mereka, toh ini cuma latihan meski gak pakai apa apa juga gak masalah.
kacamata google juga sangat penting digunakan selain peralatan lain seperti helm glove body protector dan sepatu khusus motor trail dan lain lain. karna misalnya jika kita sudah pakai helm glove dan alat alat savety lainnya trus kita gak pakai google saat kita kelilipan trus hilang keseimbangan kemungkinan besar kan bisa jatuh atau nabrak. hal kecil seperti ini yang kadang di remehkan oleh para pemula, padahal yang pro aja gk berani kadang kalo gk pakai peralatan safety dengan lengkap. ini bukan masalah berani gak nya tapi masalah keselamatan, kalo aja kecelakaan kan bisa bisa menghambat hobinya untuk naik kuda besi lagi, iya kan ?

5. Perlengkapan Safety

perlengkapan safety yang sering dilupakan para pemula, seperti helm sepatu dan glove, akibat yang terjadi bias seperti ini.
memang sih menggunakan sepatu tapi sepatunya abal abal jadinya seperti itu, bias di bayangkan pakai sepatu aja masih kayak gitu gimana kalo gak pakai perlengkapan apa apa.
bisa anda fikirkan sendiri akibatnya, mungkin itu kesalahan yang sering dialami pemula menurut ISM semoga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk teman teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.