Bagian Distributor Yang Berfungsi Menyalurkan Tegangan Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui distributor merupakan salah satu bagian/ komponen dari sistem pengapian. Distributor memiliki fungsi utama yaitu untuk menyalurkan (mendistribusikan) aliran listrik yang bertegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil menuju ke setiap busi pada masing-masing silinder sesuai dengan urutan pengapian (firing order/ FO) pada motor tersebut. Bagian dari distributor yang digunakan untuk melakukan fungsi tersebut yaitu tutup distributor (distributor cap) dan rotor.
Distributor Cap
Distributor cap atau tutup distributor ini memiliki fungsi untuk menerima aliran arus tegangan tinggi dari kabel tegangan tinggi yang terhubung ke ignition coil (koil pengapian) yang selanjutnya akan disalurkan ke rotor.  Setelah disalurkan ke rotor, rotor akan menyalurkan kembali arus tegangan tinggi tersebut menuju distributor cap yang selanjutnya akan dikirimkan ke kabel busi dan selanjutkan dari kabel busi  akan disalurkan ke busi pada masing-masing silinder.
Rotor
Rotor sendiri memiliki fungsi untuk menerima arus tegangan tinggi dari distributor cap yang kirimkan dari ignition coil dan selanjutnya rotor akan menyalurkan (mendistribusikan) arus tegangan tinggi tersebut ke busi pada masing-masing silinder melalui kabel tengangan tinggi busi sesuai dengan urutan pengapiannya atau firing order (FO).
Cara melakukan perawatan pada distributor cap dan rotor
  1. Lepas bagian dari komponen-komponen distributor yaitu distributor cap dan rotor.
  2. Bersihkan bagian dalam dari distributor cap menggunakan udara bertekanan.
  3. Periksa arang didalam tutup distribur dan bersihkan jika kotor.

  4. Periksa kerusakan distributor cap dari keretakan ataupun kerusakan lainnya. Bila distributor cap rusak maka gantilah dengan yang baru.
  5. Periksa rotor distributor, jika kotor bagian tembaganya maka bersihkan menggunakan amplas lalu semprotkan udara bertekanan.
  6. Periksa bagian dalam rotor yang menghubungkan dengan nok, jika rotor rusak ganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.