Cara Kerja Motor Empat Tak

CARA KERJA Motor atau Mesin Empat tak / Four Stroke

 Hari ini kita membahas tentang  :

 cara kerja mesin empat 4 tak

 cara kerja mesin 4 tak ini berisi ttg langkah- langkah kerja mesin empat tak sehingga mesin dapat bergerak / menghasilkan tenaga.

CARA KERJA

Motor atau mesin empat ( 4 ) tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan empat langkah dari piston. Empat langkah tersebut adalah langkah isap ( pemasukan ), kompresi ( pemampatan ), usaha, dan buang. Pada umumnya saat ini semua mesin kendaraan menggunakan siklus empat langkah / four stroke.

Cara kerja mesin empat tak :

siklus mesin empat tak

  • Langkah Hisap :
    Piston bergerak ke bawah ( dari TMA ke TMB ), katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, piston menghisap campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ) ke dalam silinder.
  • Langkah Usaha :
    Piston bergerak dari TMB ke TMA, semua katup tertutup dan piston mengkompres atau memampatkan campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ).
  • Langkah Usaha :
    Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, semua katup masih tertutup, busi memercikan api sehingga membakar campuran udara dan bahan bakar ( hanya udara : mesin diesel ) yang mengakibatkan ledakan, ledakan inilah yang mendorong piston ke TMB dan terjadilah langkah usaha.
  • Langkah Buang :
    Langkah buang adalah langkah terakhir siklus empat tak dimana piston bergerak dari TMB ke TMA, katup masuk tertutup dan katup buang terbuka, piston mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui katup buang.

Siklus diatas akan terus berulang sampai mesin tersebut dimatikan
Baca juga :

Mohon maaf jika artikel tentang cara kerja motor empat tak ini kurang lengkap dan kurang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.