Cara Menggunakan Mikrometer Luar (Outside Micrometer)

Mikrometer merupakan salah satu alat ukur yang presisi melihat tingkat ketelitiannya yang dapat mengukur hingga 0,01 mm dan 0.001 mm. Mikrometer lebih presisi dibandingkan dengan jangka sorong. Mikrometer sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu mikrometer dalam (inside micrometer) dan mikrometer luar (outside micrometer). Pada kesempatan kali ini, kita bahas mengenai mikrometer luar (outside micrometer).

Mikrometer luar terdapat beberapa macam ukuran yaitu dari ukuran 0 – 25 mm, ukuran 25 – 50 mm, ukuran 50 – 75 mm, dan ukuran 75 – 100 mm. Untuk ukuran mikrometer selain 0 – 25 mm, perlu dilakukan set “0” sebelum menggunakannya dengan menggunakan batang standar (standar gauge) untuk memperoleh ukuran yang tepat.

Cara melakukan set “0”
Pemeriksaan :

Pasangkan standar gauge diantara anvil dan spindel pada mikrometer. Putarkan thimble sampai spindel menyentuh standar gauge, setelah itu putarkan rachet stopper sampai berbunyi 2 – 3 dan kunci dengan lock clamp kemudian bacalah titik standar “0”. Untuk mikrometer yang ukurannya 0 – 25 mm tidak perlu menggunakan standar gauge karena spindel dapat merapat dengan anvil untuk mengecek titik standar “0”.

Penyetelan :

Bila titik “0” tidak tepat maka lakukan penyetelan. Bila perbedaan antara harga standar “0” dengan hasil pembacaan kurang dari 0,02 mm, maka lakukan langkah penyetelan dengan menggunakan kunci penyetel dengan cara masukan ujung dari kunci penyetel pada lubang di bagian outer sleeve kemudian tepatkan titik “0” pada thimble segaris dengan garis pada outer sleeve. Bila perbedaan melebihi 0,02 mm, maka gunakan kunci penyetel untuk mengendorkan rachet stopper,hal ini akan membuat thimble dapat bergerak bebas kemudian tepatkan titik “0” pada thimbe agar segaris dengan garis pada outer sleeve. Setelah itu, tahan thimble agar tidak berputar dan kencangkan kembali rachet stopper dengan kunci penyetel.

Cara Pengukuran

Untuk mikrometer luar dengan tingkat ketelitian 0,01 mm.
Pada skala thimble terdiri dari 50 buah strip. Jika thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,50 mm sehingga 1 strip thimble sama dengan 0,01 mm. Setiap kali thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,50 mm dan hal ini ditunjukkan oleh strip bagian bawah garis pada outer sleeve (pada skala utama). Ketika thimble berputar sebanyak 2 kali putaran mak menunjukkan nilai 1 mm (pada skala utama), hal ini akan ditunjukkan pada skala strip bagian atas garis pada outer sleeve. Jadi setiap strip pada bagian atas outer sleeve nilainya 1 mm.

Untuk mikrometer luar dengan tingkat ketelitian 0,001.
Pada skala thimble ada yang terdiri dari 25 buah strip dan ada yang terdiri dari 50 strip. Untuk skala thimble yang terdiri 25 strip, maka jika thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,25 mm sehingga 1 strip thimble sama dengan 25 : 0,25 = 0,01 mm. Setiap kali thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,25 mm. Pada skala utamanya terdapat 4 buah strip, 1 strip nilainya 0,25 mm. 

Sedangkan untuk skala thimble yang terdiri 50 strip, maka jika thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,50 mm sehingga 1 strip thimble sama dengan 50 : 0,50 = 0,01 mm. Setiap kali thimble berputar satu kali putaran maka akan menunjukkan nilai 0,50 mm. Pada skala utamanya terdapat 2 buah strip, 1 strip nilainya 0,50 mm.

Pada skala sleeve, ada yang memiliki 5 strip dan ada yang memiliki 10 strip. Yang hanya terdapat 5 strip maka nilai 1 stripnya adalah 0,002 mm sedangkan untuk yang terdapat 10 strip maka nilai 1 stripnya adalah 0,001 mm.
Untuk langkah pengukuran, letakkan benda yang akan diukur diantara thimble dan anvil, putarkan thimble sampai spindel menyentuh benda yang akan diukur, setelah putarkan rachet stopper 2 sampai 3 kali putaran untuk mencegah kerusakan spindel. Setelah itu kunci spindel agar tidak bergerak menggunakan lock clamp. Kemudian bacalah hasil pengukurannya.
Untuk lebih jelasnya lihat contoh soal dibawah ini :
Soal :

Perhatikan gambar diatas. Berapakah nilai ukuran yang ditunjukkan pada gambar mikrometer diatas?
Jawaban :
Pada skala utama       : 5,00 mm
Pada skala thimble     : 0,20 mm
Jumlah                        : 5,20 mm

Soal :

Perhatikan gambar diatas. Berapakah nilai ukuran yang ditunjukkan pada gambar mikrometer diatas?
Jawaban :
Pada skala utama       : 3,75  mm
Pada skala thimble      : 0,00  mm
Pada skala sleeve       : 0,008 mm
Jumlah                         : 3,758  mm

Leave a Reply

Your email address will not be published.