Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Perawatan Dan Perbaikan Kendaraan

Hal yang musti diperhatikan saat melakukan perawatan maupun perbaikan antara lain :

Perawatan dan perbaikan kendaraan dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar (sesuai Standard Operational Procedur/ SOP) dan sesuai dengan prosedur pada buku manual atau instruksi kerja.
Prosedur operasi standar (SOP) yang dikeluarkan oleh perusahaan yang membuat dan menjual barang atau produk tersebut, pada umumnya disertakan saat pengadaan barang atau produk tersebut. Jika prosedur operasi standar (SOP) tidak ditemukan saat pembelian barang atau produk, maka perawatan dan perbaikan barang atau produk tersebut mengikuti langkah keselamatan pada umumnya.
Menerapkan perlindungan untuk keselamatan kerja baik pada diri pekerja, barang yang dikerjakan dan lingkungan kerjanya.
Peralatan keselamatan dan kesehatan  kerja (k3) yang di gunakan untuk melindungi diri pekerja sebagai contohnya :
  • Sepatu kerja yaitu berfungsi untuk melindungi kaki saat bekerja
  • Baju kerja yaitu berfungsi untuk melindungi badan saat bekerja
  • Kacamata yaitu berfungsi untuk melindungi mata saat bekerja
  • Masker  yaitu berfungsi untuk mencegah menghirup debu-debu atau kotoran yang berbahaya jika terhisap saat bekerja
  • Sarung tangan yaitu berfungsi untuk melindungi tangan saat bekerja
  • Topi atau helm yaitu berfungsi untuk melindungi kepala saat bekerja
Etika bekerja yang benar yaitu pekerja senantiasa mengikuti aturan bekerja yang ada di bengkel kerja. Di dalam bengkel kerja pada umumnya selalu terdapat  tanda-tanda peringatan untuk siapa saja yang berada di lingkungan kerja, baik untuk pekerjanya sendiri maupun siapapun orang yang berada di lingkungan kerja tersebut agar selalu menerapkan apa yang harus dilakukan saat berada ditempat kerja tersebut demi keselamatan orang yang berada disana, seperti kewajiban menggunakan sepatu kerja, kewajiban menggunakan kacamata kerja (saat pekerjaan mengebor, menggerinda, mengikir, memotong dll), kewajiban menggunakan kacamata las ketika melakukan pengelasan, larangan untuk merokok ditempat kerja, kewajiban menggunakan penutup telinga pada pekerjaan yang mengeluarkan suara keras atau bising dan lain-lain.
Perhatikan peringatan atau rambu-rambu keselamatan yang pada umumnya terdapat ditembat kerja di bawah ini :
Menggunakan peralatan-peralatan kerja dengan benar
Ketika melakukan perawatan dan perbaikan barang atau produk terkadang diperlukan peralatan-peralatan yang dapat membantu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tetapi jika tidak mengetahui peralatan-peralatan bantu yang tepat untuk melakukan suatu pekerjaan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada barang atau produk yang tidak dikehendaki. Oleh karena itu pemahaman yang baik tentang peralatan kerja menjadi suatu hal yang sangat penting dimiliki saat melakukan pekerjaan perawatan dan perbaikan. Kecelakaan kerja yang ditimbulkan karena kesalahan dari penggunaan atau pemilihan peralatan dalam bekerja dapat membahayakan pekerjanya sendiri, rekan kerja, barang yang dikerjakan atau bahkan alat yang digunakan untuk bekerja itu sendiri.
Dibawah ini adalah contoh dari kerusakan dan kecelakaan yang terjadi akibat kesalahan pekerja aat menggunakan peralatan ketika sedang melakukan perawatan atau perbaikan barang atau produk di tempat kerja dan atau karena kondisi alat yang kurang baik atau tidak terawat dengan semestinya.
Masih banyak lagi contoh-contoh yang lain dari kecelakaan kerja yang disebabkan karena kelalaian pekerja ataupun ketidak baikan peralatan kerja yang digunakan atau peralatan kerja yang tidak terawat dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.