Jatuh Di Aspal Tak Seindah Jatuh Cinta | Safety Riding First

Safety riding atau yang di sebut dengan keamanan berkendara sering di lupakan dan diabaikan oleh seluruh masyarakat. Padahal safety riding itu sangat penting untuk menciptakan keamanan berkendara bagi diri sendiri dan orang lain. Mungkin sebagian besar alasan orang tidak menjalankan safety riding itu karena beberapa alasan ini :
1. Ribet
2. Perjalanannya deket kok.
3. Yang penting mental dan fisik kuat buat ngendaliin kendaraan yah insyaAllah aman aman aja.
4. Dan masih banyak alasan lainnya.

Sampai sampai Polisi aja kadang merasa sedih ketika pengendara sepeda motor tidak safety Riding hehe.
Safety Riding sebenernya gak serumit yang kebanyakan orang kira bro/sist, dan safety riding juga gak Cuma dari pengendaranya aja tapi kendaraannya juga di cek, apakah sudah safety riding atau tidak??

Berikut Gazgas Dirtbike Motor Trail akan memberikat tips berkendara dengan safety Riding Off The Road maupun On The Road untuk pengendara umum maupun Motor Trail
Sebelum melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Cek beberapa hal dibawah ini :

  • Kesehatan Motor itu PENTING !!

 
Pengecekan kendaraan itu perlu untuk menciptakan safety riding sebelum anda melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Pengecekan kelayakan atau kesehatan kendaraan sendiri bisa di mulai dari lampu depan dan belakang. Anda bisa cek lampu depan dan belakang, nyala atau tidak.  Lampu depan itu juga sama pentingnya dengan lampu belakang. Jika lampu belakang berfungsi untuk memberikan isyarat pada pengendara di belakangnya bahwa kendaraan yang kita tumpangi hendak melambat atau berhenti. Lampu depan juga berfungsi sebagai penerangan saat malam atau jalanan yang berkabut. Setelah semua di cek dan di ganti bila ada kerusakan, selanjutnya cek lampu sein, klakson Rem depan belakang dan kaca spion. Semua komponen tadi itu sangat penting untuk menciptakan safety riding bagi diri sendiri dan orang lain. Ganti komponen yang rusak atau tidak berfungsi dengan yang baru, karena kita tidak bisa menyahlakan orang lain jika terjadi kecelakaan kalau kendaraan kita sendiri tidak safety. Jika semua komponen tadi sudah di cek kelayakannya. Yang terakhir cek ketebalan dan tekanan udara pada ban depan dan belakang kendaraan. Anda tau sendiri jika ban atau roda kendaraan kurang angin atau bocor, maka yang terjadi adalah keseimbangan dan kestabilan berkendara jadi berkurang. Dan lagi jika ban sudah tipis yang terjadi bisa mengakibatkan slip saat pengereman dan itu membahayakan keselamatan anda dan juga orang lain. Anda tidak mau kan seperti yang bapak ini bilang.

  • Kesehatan Pengendara yang PALING PENTING !!

Kendaraan bisa di katakan SEHAT atau layak jalan jika semua komponen tadi dalam kondisi baik atau layak pakai.
Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh maupun dekat, anda cek kesehatan anda, apakah anda sudah fit untuk mengendarai kendaraan atau  tidak. Karena kondisi tubuh yang Prima sanggup untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Khususnya pengendara Motor Trail, dibutuhkan kondisi tubuh yang sangat prima untuk menguasai kendaraanya di medan yang berat.

  • Kelengkapan Pengendara Juga SANGAT PENTING !! 

Yang terakhir yang perlu di cek adalah kelengkapan anda untuk berkendara. Mulai dari Helm, Jaket, Sarung Tangan, Celana, Sepatu dan Surat surat pentinng kendaraan seperti SIM maupun STNK. Perlu anda ketahui mayoritas masyarakat meremehkan dan melalaikan kelengkapan berkendara tersebut. Padahal aturan aturan seperti itu di ciptakan untuk keamanan anda sendiri. Misalnya dekat maupun jauh, Helm itu penting untuk menjaga dan mengurangi benturan keras pada kepala dan otak anda saat mengalami kecelakaan. Sarung tangan melindungi tangan anda dari gesekan pada aspal atau tanah agar luka tidak parah. Jaket celana dan sepatupun sama fungsinya dengan sarung tangan. Semua itu di buat untuk melindungi anda saat berkendara, Masihkah anda meremehkannya ??

Kita semua tidak menginginkan ataupun berharap terjadinya kecelakaan, tapi setidaknya dari tulisan ini kita bisa tau cara mencegah atau mengurangi resiko kecelakaan pada diri kita maupun orang lain. Karena apa yang akan terjadi pada diri kita ataupun orang lain itu juga atas kehendak Tuhan yang Maha Esa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.