Kunci Ring (Closed End Wrench/ Ring Spanner)

Kunci ring atau disebut juga closed end wrench/ ring spanner merupakan salah satu peralatan tangan yang dipakai dibengkel otomotif untuk perbaikan kendaraan. Kunci ring merupakan peralatan tangan yang umumnya terbuat dari bahan logam dengan paduan chrome vanadium. Kunci ring ini memiliki fungsi untuk mengendorkan, melepas dan memasang baut atau mur yang memiliki momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat digunakan pada ruang yang terbatas (bila kunci shock tidak dapat menjangkau). Pada ujung-ujung dari kepala kunci ring ini, terdapat cincin yang berdimensi heksagonal (segi enam) atau lebih pada lubang diameter di dalamnya. Kunci ini lebih kuat dan ringan dibandingkan dengan kunci pas dan saat digunakan, kunci ring ini memberikan cengkraman yang lebih pada seluruh bagian kepala baut atau mur. Kunci ring memiliki tangkai lebih panjang dibandingkan dengan kunci pas, gaya tuasnya lebih besar (momen lebih besar) bila dibandingkan dengan gaya tuas pada kunci pas.

Kunci ring pada umumnya memiliki dua ujung, kedua ujung dari kunci ring tersebut biasanya dibuat menjadi dua ukuran yang memiliki ukuran yang berbeda (double ring/ box ended spanner). Contohnya, kunci ring dengan ukuran 6 mm dan 7 mm, kunci ring dengan ukuran 8 mm dan 9 mm dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat kunci ring yang memiliki hanya satu ukuran saja (Single ring/ box ended spanner atau Ring ended slogging spanner).

Ukuran kunci ring ini menunjukkan lebar dari mulut kunci ring yang yang berarti juga menunjukkan ukuran dari lebar kepala baut atau mur yang akan dikencangkan atau dikendorkan. Satuan ukuran kunci ring terdiri dari ukuran metrik (mm) dan inchi (inch)

Macam-macam dari kunci ring sendiri antara lain :
Gambar. Macam-macam kunci ring

Berikut di bawah ini tata cara menggunakan kunci ring atau closed end wrench atau ring spanner yang benar:
  • Kunci ring digunakan apabila kunci shock tidak dapat menjangkau kepala baut atau mur yang akan dilepas atau dikencangkan.
  • Ukuran kunci ring harus sesuai dengan kepala baut atau mur, kunci ring yang longgar akan membuat sudut dari kepala baut atau mur rusak atau akan berubah menjadi bulat dan dapat menyebabkan slip saat kunci ring digunakan.
  • Posisi saat menggunakan kunci ring harus rata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.