Peralatan Pengetapan dan Senai

Tap dan senai merupakan alat-alat yang digunakan untuk membuat ulir luar dan ulir dalam dengan menggunakan tangan. Tap sendiri digunakan untuk pembuatan ulir dalam yaitu untuk pembuatan mur sedangkan senai digunakan untuk pembuatan ulir luar yaitu untuk membuat baut.

Peralatan tap pada umumnya terbuat dari baja karbon tinggi yang memiliki kualitas baik yang disepuh keras dan dimudakan. Satu set tap sendiri umumnya dibuat dalam tiga perangkat tahapan, yaitu:
  1. Tap konis (starting) yaitu untuk pengetapan pada langkah awal
  2. Tap antara (intermediate) untuk proses pengetapan pada tahap tengah atau antara
  3. Tap rata (finishing) yaitu untuk pengetapan pada langkah akhir

Kesemua peralatan tap perangkat diatas memiliki alur yang bertujuan agar dapat mengeluarkan beram saat pengerjaan tap.
Langkah kerja penggunaan tap untuk pembuatan ulir dalam adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan benda kerja yang akan dibuat ulir dalam. Kemudian jepit benda kerja tersebut pada ragum dengan posisi yang benar dan kuat.
  2. Buat lubang pada benda kerja menggunakan bor
  3. Pasangkan tap konis (starting) pada tangkai tap
  4. Tempatkan mata tap dengan posisi tegak lurus pada lubang (periksa dengan menggunakan siku-siku)
  5. Tekan tap hingga dapat masuk dalam lubang kemudian putar tangkai tap searah dengan putaran jarum jam. Posisi pemutaran harus dilakukan secara tegak lurus.
  6. Pemutaran tap kira-kira sebesar 900, kemudian putar kembali ke arah berlawanan (berlawanan arah jarum jam). Pemutaran kembali ini dimaksudkan untuk memotong beram-beram yang belum terpotong dan juga untuk memberikan kesempatan beram-beram besi hasil pemotongan agar dapat keluar dari lubang

  7. Berikan pelumasan selama proses pengetapan
  8. Lakukan langkah pengetapan diatas secara berulang hingga selesai, kemudian ulangi langkah pengetapan dengan menggunakan tap antara (intermediate). Setelah selesai ulangi langkah pengetapan dengan menggunakan pengetapan akhir (finishing).
Sedangkan senai sendiri pada umumnya terbuat dari bahan baja cepat tinggi yang memiliki kualitas yang baik.

Senai diperdagangkan dalam berbagai bentuk, ada senai yang berbentuk bulat, senai berbentuk bujur sangkar, senai yang dapat digeser, senai belah dan senai yang mempunyai tangkai atau batang.
Senai selain dapat digunakan untuk membuat baut juga dapat pula digunakan untuk memperbaiki kerusakan ulir pada baut.
Langkah kerja menggunakan senai untuk membuat ulir luar adalah sebagai berikut :
  1. Persiapkan dahulu benda kerja yang akan dibuat ulir luarnya kemudian jepit benda kerja tersebut pada ragum dengan posisi tegak lurus.
  2. Pasangkan senei pada pemegangnya dan kemudian kunci senai dengan baut pengikatnya.
  3. Tempatkan senei pada benda kerja dengan posisi datar kemudian tekan senei sampai benda kerja dapat masuk pada senei.
  4. Setelah masuk, lakukan penekanan sambil senei diputar searah dengan putaran jarum jam.
  5. Pemutaran atau pemakanan kira-kira 600, kemudian putar kembali dengan arah sebaliknya sampai senai kembali pada posisi semula. Pemutaran kembali ini dimaksudkan untuk memotong beram dan untuk membersihkan ulir yang telah terbuat serta memberikan kesempatan beram agar keluar dari alur senei.

  6. Lakukan pekerjaan langkah di atas secara terus-menerus sambil memberikan minyak pelumas untuk mendinginkan senei dan untuk membantu proses pegeluaran beram-beram besi.
  7. Untuk pembuatan ulir luar dengan menggunakan senei bercelah, maka ulangi kembali penguliran tersebut dengan terlebih dahulu menyetel kembali lebar pembukaan senei. Lakukan proses pensenaian secara berulang sampai ukuran senei kembali pada ukuran standarnya.
  8. Periksalah hasil penyenaian dengan menggunakan mal ulir,
  9. Setelah selesai bersihkan ulir benda kerja dan ulir senai

Leave a Reply

Your email address will not be published.