System Bahan Bakar Mobil

System Bahan Bakar Mobil

System bahan bakar berfungsi untuk menampung bahan bakar, menyalurkan bahan bakar ke mesin, mengkabutkan bahan bakar sehingga bisa bercampur dengan udara. Komponen utama dari sistem bahan bakar mobil adalah :

  1. Tangki Bahan Bakar
  2. Saluran Bahan Bakar
  3. Penyaring/filter Bahan Bakar
  4. Pompa Bahan Bakar
  5. Karburator atau System Injeksi Bahan Bakar

1.Tangki Bahan Bakar
tangki bahan bakarTangki bahan bakar berfungsi sebagai penampung bahan bakar. Besar kecilnya tangki bahan bakar tergantung dari kapasitas mesin kendaraan itu sendiri. Tangki bahan bakar juga berfungsi untuk mengendapkan kotoran dari bahan bakar agar tidak mengotori dan menyumbat saluran bahan bakar.

2.Saluran Bahan Bakar
Saluran bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki  ke filter, pompa bahan bakar, dan karburator.

3. Penyaring / Filter Bahan Bakar
filter bahan bakarFilter berfungsi untuk menyaring bahan bakar dari tangki yang akan menuju ke karburator atau ke injektor. Peran filter sangatlah penting karena filter mencegah masuknya kotoran ke pompa, karburator atau injektor, apabila bahan bakar yang kotor tidak tersaring  dengan baik, maka itu akan bisa menyumbat pompa bahan bakar,karburator atau injektor yang sangat berakibat fatal bagi kendaraan, antara lain terlambatnya suplai bahan bakar ke ruang bakar dan masih banyak yang lain.

4. Pompa Bahan Bakar

pompa bahan bakar

Pompa bahan bakar berfungsi untuk mensuplai bahan bakar ke karburator

5. Karburator
karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar menjadi campuran yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan mesin. selengkapnya tentang karburator..

Menyusul : sistem bahan bakar motor
Demikian artikel tentang system bahan bakar ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.