Yang Dibutuhkan Saat Akan Modifikasi Motor Bebek Menjadi Motor Trail

Kebanyakan orang bertanya, saya pengen banget punya motor trail, tapi untuk biaya beli motor baru belum ada, saya punya motor bebek rencana mau saya modif jadi motor trail, yang jadi pertanyaan saya,

apa saja sih yang dibutuhkan untuk modifikasi motor bebek ke motor trail ??

Pertanyaan itu sudah biasa saya dengar dari beberapa teman saya yang menyukai dunia motor trail. memang sih modifikasi motor bebek gak perlu biaya mahal, bisa dikatakan lebih murah lah dari pada beli motor anyar. Namun seperti yang kita tau modifikasi motor bebek ada beberapa kerugiannya.

  1. Spesifikasi Motor anda jadi tidak sama dengan yang di STNK / BPKB, “Saran saya saat mau modif pakai motor bebek yang udah usang atau udah tidak lengkap surat suratnya”
  2. Kelengkapan motor bisa saja berkurang.
  3. Kemungkinan kurang safety soalnya bukan rakitan dari yang ahli.
  4. Dan beberapa kemungkinan lainnya.
Namun semua itu saya yakin tidak menghalangi niat anda untuk tetap memodifikasi motor bebek anda.
so, oke lah saya kasih tau anda apa saja kelengkapan yang dibutuhkan untuk modifikasi motor bebek anda jadi motor trail sesuai harapan anda. 

1. Setang / Setir

Komponen pertama yang perlu diganti adalah setang / setir, lepas setang motor bebek anda dan ganti dengan setang yang agak panjang / lebar layaknya motor trail. Ini bukan untuk aksesoris aja biar motor anda kelihatan seperti motor trail, tapi tujuannya agar lebih ringan saat anda kendarai di medan yang berat atau jalanan tidak rata dan berbatu. Dan pastikan setang yang anda pakai kuat dan tidak gampang bengkok saat anda motor yang anda kendarai jatuh.

2. Hand Guard

komponen ini berperan sebagai pelindung tangan anda saat tejatuh dan menjaga tangan anda dari kotoran lumpur yang di dicipratkan motor yang ada di depan anda. Namun ini optional tergantung pemakaian anda,jika anda pakai di medan yang berlumpur maka anda boleh gunakan hand guard jika cuma untuk gaya gayaan di jalan dalam kadar pemakaian biasa sehari hari boleh anda pasang untuk aksesoris boleh juga gk di pasang buat jaga ketebalan dompet anda 😂 hehehe

3. Ban Trail

perbedaan yang paling mencolok antara motor bebek dan motor trail adalah di Ban – nya. jadi saat anda modifikasi motor bebek ke motor trail. jangan lupa ganti ban-nya dengan ban sepeda motor trail yang kotak kotak itu. selain buat aksesoris untuk berkendara gaya gayaan aja. Ban itu juga berfungsi agar traksi roda bisa berjalan di tanah yang agak lunak.

4. Shock depan belakang

ganti dengan shock yang agak tinggi. bisa dengan shocknya motor kopling dll intinya sesuaikan selera.

5. Knalpot

Sesuaikan dengan budget anda. bisa ganti dengan knalpot racing atau tetap biasa. tpi kebanyakan masyarakat make knalpot racing karna lebih gahar.
itu aja sih komponen penting yang perlu di ganti buat modif motor bebek ke trail. sebenernya ada lagi yang harus di ganti biar lebih maksimal lagi postingannya. Tapi tetep yah jangan memaksa ngutang ngutang apa lagi nyuri hanya untuk modifikasi. tetap sesuaikan ketebalan dompet anda “budget anda”
berikut beberapa komponennya :
1. Spatbor / Spakbor
2. Chain Guard
3. Stopper
4. Body Set motor trail
list diatas yang pasti menambah modifikasi anda agar terihat lebih gahar layaknya motor trail sungguhan. sekali lagi saya ingatkan sesuaikan dengan budget yang anda miliki saat ini.
berikut saya kasih contoh modifan motor bebek 2tak yang sudah jadi. tapi ini versi biasa. tapi cukuplah sesekali buat adventure dan gaya gayaan aja.
ism-modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.